semoga manfaat

Thursday, January 19, 2017

CONTOH RPP FIQIH KELAS VII MTS SEMESTER SATU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                :  Fiqih
Kelas/Semester              :  VII / 1
Alokasi Waktu                 :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.   Kompetensi Dasar
1.1       Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )
C.   Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
§  Siswa dapat menjelaskan tatacara membersihkan najis
D.   Materi Pembelajaran
§  Pengertian najis
§  Macam-macam najis
§  Ketentuan dan tatacara membersihkan najis
E.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagan najis
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi najis
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar najis, macam-macam najis dan tatacara membersihkannya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang najis, dan macam-macam najis.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  cara membersihkan macam-macam najis (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan najis dan tatacara mensucikannya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan najis sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian najis, macam-macam najis dan cara membersihkanya (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi najis dan macam-macam najis serta tatacara membersihkannya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hadats dan macam-macamnya serta perbedaan cara membersihkannya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit


G.   Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku yang relevan dengan mata pelajaran fikih
§  Kertas manila atau lainnya
H.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya
§  Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh

Tes tulis

Tes tulis

Tes Tulis
Uraian

Pilihan ganda

Uraian
§  Jelaskan apa yang dimaksud dengan najis....?
§  Najis ringan adalah :
a.    MUgholladhoh
b.    Mukhoffafah
c.    Mutawashithoh
§  Jelaskan  cara membersihkan najis mutawasitthoh



Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.

No comments:

Post a Comment